Kamis, 02 September 2010

LAPORAN PROYEK ILMIAH PENGARUH SINAR MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN KECAMBAH

LAPORAN PROYEK ILMIAH
PENGARUH SINAR MATAHARI
TERHADAP PERTUMBUHAN
KECAMBAH



















Oleh :

1. DENI LUVI JAYANTO
2. KUSENDRA T. F.



SMA NEGERI 6 KEDIRI
2009

LAPORAN PROYEK ILMIAH
PENGARUH SINAR MATAHARI
TERHADAP PERTUMBUHAN
KECAMBAH



















Oleh :

3. DENI LUVI JAYANTO
4. KUSENDRA T. F.



SMA NEGERI 6 KEDIRI
2009

HALAMAN PENGESAHAN


Karya tulis yang berjudul “ Laporan Proyek Ilmiah Pengaruh Sinar Matahari Terhadap Pertumbuhan Kecambah” telah diperiksa dan disahkan pada :
Hari :
Tanggal :






















Mengetahui, Kediri, 11 Agustus 2009
Kepala Sekolah Guru Pembimbing



Drs. Halimi Mahfudz Dwiana, S, Pd
Nip. Nip.





MOTTO


♫ Pengetahuan sangatlah penting untuk masa depan kita dan anak serta cucu kita.
♫ Hidup adalah untuk belajar dan mengenal kehidupan alam.
♫ Berjuanglah untuk meraih tujuan hidup.
♫ Berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat hasil terbaik
































KATA PENGANTAR



Alhamdulillaahirabbil’alaamiin, puji syukur senantiasa penulis panjatkan kepada Allah Subhana Wata’ala, Dzat Yang Maha Agung, atas limpahan rahmat, karunia dan hidayahnya sehingga penulis diberikan kesempatan dalam melalui salah satu proses dalam kehidupan ini.
Sebuah karya ilmiah yang termuat dalam tulisan yang serba memiliki kekurangan ini melambangkan semangat yang tinggi untuk selalu berkeinginan menciptakan sesuatu yang berguna bagi kehidupan, serta sebagai salah satu tugas dari mata pelajaran Biologi.
Pembuatan karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada :
1. Bapak Halimi Mahfudz, S. Pd. Selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Kediri
2. Ibu Dwiana, S. Pd. Selaku Guru Bidang Studi Biologi yang senantiasa memberikan dukungan kepada kami.
3. Seluruh teman-teman SMA Negeri 6 Kediri yang kami sayangi dan memberikan dukungan sepenuhnya dan senantiasa mendukung kami
Harapan saya hanya memberikan pengetahuan yang kecil ini kepada pembaca dan saya berharap supaya karya tulis saya ini bisa bermanfaat. Karya tulis ini memang tidak lepas dari kesalahan, untuk itu saya meminta kritik dan saran dari pembaca. Mungkin untuk karya yang akan datang saya akan membuat karya tulis dengan lebih baik lagi.


Kediri, 11 Agustus 2009
Penulis










DAFTAR ISI



































BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Pertumbuhan adalah proses kenaikan volume yang irreversible (tidak dapat kembali ke asal) karena adanya pertambahan subtansi dan perubahan bentuk yang terjadi selama proses tersebut. Selama pertumbuhan terjadi pertambahan jumlah dan ukuran sel. Pertambahan dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif.
Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna. Perkembangan tidak dapat dinyatakan secara kuantitatif. Perkembangan merupakan proses yang berjalan sejajar dengan pertumbuhan. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan terjadi pembelahan sel, pemanjangan sel, dan diferensasi sel.

1.2 Tujuan
Tujuan dari proyek ilmiah ini adalah untuk mecari tahu siklus pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan kacang hijau. Selain itu, untuk mengetahui dan mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau. Termasuk salah satunya adalah pengaruh pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kacang hijau yang ditempatkan di tempat gelap dengan wadah yang tidak bersisi dengan tumbuhan kacang hijau yang ditempatkan di tempat terang dan mengenai banyak cahaya matahari.

1.3 Rumusan Masalah
Apa pengaruh cahaya terhadap perkecambahan kacang hijau? Apa pertumbuhan setiap batang selalu mengarah pada cahaya ? dan bagaimana intensitas cahaya terhadap tumbuhan kacang hijau ?.

1.4 Metode
Selama rentang waktu 1 minggu lamanya, tumbuhan kacang hijau yang ditanam akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara baik, namun haru dilakukan perawatan yang rutin. Maka, sebelum dilakukan eksperimen untuk mengetahui penyebab perubahan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan kacang hijau disebabkan oleh cahaya matahari. Percobaan ini menggunakan metode :
Variable bebas : dengan cahaya ( Tempat redup dan terang)
Variable terikat : perkecambahan
Variable kontrol : kacang hijau, kapas, nampan (lepek), dan meteran (penggaris)
Untuk menguji hipotesis ini, maka akan dilakukan percobaan selama 1 minggu, yang dimulai pada tanggal 28 Juli 2009 sampai tanggal 04 Agustus 2009.

BAB II
EKSPERIMEN
PENGARUH SINAR MATAHARI TERHADAP
PERTUMBUHAN KECAMBAH

1.1 Tujuan Eksperimen
Untuk mengetahi pengaruh caha terhadap kecepatan perkecambahan.

1.2 Alat Dan Bahan
1. 10 biji kacang hijau yang telah dikecambahkan
2. kapas basah secukupnya
3. 2 buah nampan (lepek)
4. penggaris

1.3 Cara Kerja
1. Kecambah biji kacang hijau pada kedua nampan yang sudah berisi kapas basah
2. Nampan yang pertama diletakkan di tempat yang tidak ada cahaya/tidak terkena cahaya secara langsung (gelap), sedangkan nampan yang kedua diletakkan di tempat yang terkena cahaya secara langsung (terang)
3. Siramlah masing-masing kecambah dengan air setiap hari (jumlah aip secukupnya)
4. Biarkan selama + 1 minggu, dan ukurlah dengan penggaris panjang hipokotil dan epikotilnya
5. Hitunglah jumlah daun yang muncul pada perkecambahan serta catat warna/keadaan daunnya
6. Bandingkan hasil data yang diperoleh
7. Buatlah laporan tertulis dari kegiatan yang telah kamu lakukan.


1.4 Data

No. Hasil Pengamatan Kecambah ditempat terang Kecambah ditempat yang gelap
1. Panjang Epikotil 1,2 2
2. Panjang Hipokotil 7 10
3. Jumlah Daun 6 4
4. Keadaan daun Daun berwarna hijau tua dan kelihatan mengandung banyak klorofil Daun berwarna kuning bening dan kelihatan sangat tipis dan tidak mengandung klorofil.

BAB III
KESIMPULAN

Berdasarkan hasil eksperimen yang telah dilakukan selama + 1 minggu, dan berdasarkan pengamatan yang rutin dilakukan, maka dap disimpulkan bahwa :
1. Kecambah bila ditaruh di tempat yang gelap dan lembab maka pertumbuhan akan lebih cepat daripada kecambah yang berada di tempat yang terang.
2. Faktor air yang cukup dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman berjalan dengan baik, sebaliknya dengan pemberian air yang tidak rutin dan kurang dapat menyebabkan pertumbuhan menjadi penghambat.
3. Batang pada tumbuhan yang terkena cahaya lebih kuat dan kelihatan berwarna hijau, sedangkan pada tumbuhan yang lembab, batang tumbuhan kacang hijau mudah patah dan berwarna putih.
4. Daun pada tumbuhan yang terkena cahaya berwarna hijau dan kelihatan memiliki kandungan klorofil, sedangkan pada tumbuhan kacang hijau yang ditempat gelap berwarna kuning bening dan tidak berklorofil.




























DAFTAR PUSTAKA


Saktiyono. 1999. Seribu Pena Biologi Smu Kelas 2. Penerbit Erlangga. Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar